Berita

Gus Yahya: NU Ingin Kerjasama Dengan TNI dalam Gerakan Bela Negara

Senin, 23 Mei 2022 - 14:27
Gus Yahya: NU Ingin Kerjasama Dengan TNI dalam Gerakan Bela Negara Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) saat memberikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/PBNU)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menegaskan NU siap berkolaborasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mencetak kader muda di bidang pertahanan negara.

Gus Yahya menyebut gerakan bela negara tersebut adalah antara kader muda NU dengan TNI. Dia menegaskan lembaganya sangat senang bila kerjasama itu bisa terwujud karena memang sejatinya semua warga negara wajib membela negara.

Oleh karena itulah, dia berterimakasih kepada panglima TNI, Andika Perkasa yang sudah menerima masukan dan ide krusial tersebut. Panglima menyambut baik rencana tersebut dan akan ditindaklanjuti dalam program mereka.

"Kita ingin kerja sama TNI-NU untuk gerakan bela negara, strategi pertahanan, penguatan harmoni masyarakat untuk persatuan dan kesatuan Bangsa," kata Gus Yahya di Jakarta, Senin (23/5/2022).

"Ini adalah pembicaraan yang hangat dan amat akrab. Saya merasa, Panglima ini NU juga. Tadi saya juga sengaja mengenakan peci dengan desain khusus, hadiah dari Pak Hendropriyono (mertua Andika Perkasa)," lanjut Gus Yahya. 

Sementara itu, panglima TNI menganggap kerja sama antara TNI dan NU sangat penting. Bahkan pertemuan kali ini adalah yang pertama setelah panglima melakukan penataan internal di tubuh TNI. "Menemui PBNU adalah agenda pertama saya setelah menyelesaikan konsolidasi internal di awal menjabat," kata Andika Perkasa.

Panglima mengatakan, saat bertemu dengan berbagai tokoh dunia, dirinya selalu mendengar dan mendapatkan pesan khusus tentang kehebatan NU. 

"Selama ini, dalam berbagai pertemuan dengan pihak-pihak internasional, saya selalu mendengar ungkapan apresiasi yang tinggi dari pihak-pihak internasional terhadap NU. Kami akan menindaklanjuti pembicaraan hari ini dengan program kerja sama yang konkret," kata Panglima TNI. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.