https://jogja.times.co.id/
Berita

Mas Marrel Apresiasi Resan Blues, Pegiat Seni yang Peduli dengan Konservasi Air

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:32
Mas Marrel Apresiasi Resan Blues, Pegiat Seni yang Peduli dengan Konservasi Air Kepala Bebadan Pangreksa Loka, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, RM Gusthilantika Marrel Suryokusumo, bersama pegiat seni dan lingkungan Resan Blues melakukan kampanye konservasi air dan penanaman pohon di Gunungkidul. (Foto: Rahadian/TIMES Indonesi

TIMES JOGJA, GUNUNGKIDUL – Kepala Bebadan Pangreksa Loka, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, RM Gusthilantika Marrel Suryokusumo, bersama pegiat seni dan lingkungan Resan Blues melakukan kampanye konservasi air dan penanaman pohon di Gunungkidul.

Pangreksa Loka merupakan badan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di bawah Kawedanan Hageng Punokawan Datu Dana Suyasa, dengan Penghageng Anggeng GKR Mangkubumi yang fokus menangani masalah lingkungan dan sosial.

RM Gusthilantika Marrel Suryokusumo atau yang lebih akrab disapa Mas Marrel, Selasa (30/4/2024) siang itu melakukan penanaman pohon bersama para pegiat seni dan lingkungan, Resan Blues di Desa Kedungpoh Lor, Kedungpoh, Nglipar, Gunungkidul.

Mas Marrel mengapresiasi Resan Blues yang memiliki inisiatif dan kesadaran dalam ikut menjaga lingkungan, khususnya konswrvasi air. 

"Menurut saya sangat bagus sekali, karena warga memiliki kesadaran untuk menanam dan melestarikan lingkungan. Dan ini yang sebenarnya kita butuhkan, karena kita menghadapi masalah lingkungan, masalah iklim, nggak cuma di Gunungkidul," kata cucu Sri Sultan HB X ini.

Ia menuturkan, kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan seperti yang dilakukan Resan Blues sangat perlu untuk ditularkan dan terus dikampanyekan secara lebih luas. 

"Karena untuk menghadapi masalah lingkungan dan perubahan iklim perlu usaha yang kolektif. Tetapi kita melihat teman-teman dari Resan Blues ini punya grassroot yang kuat. Ini sebetulnya modal untuk menularkan ke teman-teman di Jogja. Apalagi di Jogja, ada banyak mahasiswa dari Sabang sampai Merauke, nah ini yang harus kita tularkan ke mereka," jelasnya.

Mas Marrel menuturkan, saat ini melalui Bebadan Pangreksa Loka dirinya sedang memetakan permasalahan lingkungan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), serta mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

"Pangreksa Loka itu membidangi lingkungan dan sosial. Nah ini merupakan badan baru, yang perlahan kami juga sedang melakukan maping masalah dan juga solusi. Kami mengajak beberapa pihak bersama-sama untuk memecahkan masalah, karena masalah lingkungan ini tidak bisa kalau cuma satu dua pihak, tetapi pihak secara menyeluruh, baik daerah, kalurahaan, kecamatan, kabupaten, provinsi, kraton, nasional, bahkan internasional," pungkasnya.

Dia menambahkan, berdasarkan data yang dia peroleh dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DIY, terdapat sekitar 30 ribu hektare lahan kritis di wilayah DIY. 

"Kita harus bersama-sama untuk menyelesaikan masalah ini. Kita jangan saling tuding lagi, kalau saling tuding semua orang bisa, semua orang bisa saling mengkritik. Nah, sekarang saatnya kita duduk bareng, jadi satu mencari solusi dan menyelesaikna masalah ini," kata pemuda yang hobi naik gunung ini.

Dia berharap, gerakan dari bawah yang dilakukan Bebadan Pangreksa Loka ini bisa berdampak secara lebih luas dan semakin banyak pihak yang terlibat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

"Harapannya, gerakan dari bawah ini bisa sampai ke atas lah. Menaungi apa saja? Kurang lebih menaungi lingkungan, bisa pertanian, perkebunan, tapi yang paling utama adalah kelestarian lingkungan, menjaga kesuburan tanah, dan hutan jangan sampai terjadi kerusakan," imbuhnya.

Aktif Melakukan Konservasi Sejak 2019

Sementara itu, anggota komunitas Resan Blues, Tri Marsudi, menuturkan Resan merupakan istilah umum di Gunungkidul bagi pohon besar penjaga suatu wilayah dan sumber air. Etimologinya, resan berasal dari kata wreksa yang berarti pohon, kemudian diturunkan menjadi kata wreksan yang berarti golongan pohon. 

"Resan Blues diambil dari kata dasar wreksa yang mempunyai arti pohon pelindung, pelindung mata air dan pelindung segalanya," kata Tri Marsudi saat ditemui usai penanaman pohon.

Dikatakannya, Resan Blues mulai berkegiatan di bidang seni dan konservasi air sejak sejak 2019. Anggota komunitas, sebagian besar merupakan warga Gunungkidul, dengan kegiatan utama menanam dan merawat pohon.

"Resan Blues berbasis budaya, jadi kami mengkampanyekan konservasi air melalui musik. Selain itu, kegiatan utama Resan Blues, yaitu menanam dan berusaha merawat pohon," katanya.

Dia menuturkan, dengan melakukan penanaman pohon, diharapkan siklus air di wilayah Gunungkidul dapat tetap terjaga. 

"Harapannya, kalau kami ibaratkan, kita kencing setiap hari, kalau air tidak dipelihara nanti kita minum apa, maka konservasi air ini sangat penting sekali," ucapnya.

Ia merasa senang, kegiatan Resan Blues mendapatkan apresiasi dari Kepala Bebadan Pangreksa Loka, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, RM Gusthilantika Marrel Suryokusumo. Bahkan, ia mengaku tak menyangka, Mas Marrel datang dan bersama-sama ikut melakukan penanaman pohon.

"Kami sangat senang, dan ini menjadi berkah bagi kami, khususnya warga Kedungpoh Lor. Kami nggak menyangka akan kedatangan Mas Marel. Dengan adanya Mas Marel sebagai Kepala Bebadan Pangreksa Loka, harapannya teman-teman yang belum tahu pentingnya menjaga lingkungan hidup bisa sadar untuk menjaga keseimbangan alam," ujarnya. (*)

Pewarta : Rahadian Bagus Priambodo
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.