Berita

Bupati Bantul Tawarkan Kerja Sama untuk Anggota ICCN

Jumat, 30 September 2022 - 19:09
Bupati Bantul Tawarkan Kerja Sama untuk Anggota ICCN Bupati Bantul menyerahkan cinderamata kepads Komisoris Utama PT Telkom Wishnutama. (Foto : Humas Pemkab Bantul)

TIMES JOGJA, BANTULBupati Bantul Abdul Halim Muslih, menawarkan kerja sama dengan daerah yang tergabung dalam Indonesia Creative Cities Network (ICCN) untuk memperkuat jaringan, agar dapat maju bersama. Ajakan ini disampaikan melalui paparan, pada kegiatan Rakornas ICCN  28 - 30 September 2022 di I- News Tower Jakarta Pusat. 

Kerja sama yang ditawarkan dalam hal penyediaan bahan baku kerajinan untuk memenuhi kebutuhan industri kreatif di Bantul. Sebagai anggota ICCN, Bantul memiliki banyak sentra kerajinan serta sumber daya manusia yang kreatif sehingga mampu memenuhi 70 persen jumlah ekspor kerajinan DIY.

Namun industri kerajinan di Bantul, mulai terancam kekurangan bahan baku. Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku, harus mendatangkan dari daerah lain. Seperti di sentra kerajinan bambu di Muntuk Dlingo, sentra kerajinan kulit manding Sabdodadi dan sentra kerajinan gerabah Kasongan Bangunjiwo Kasihan.  

Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku, Bantul menawarkan kerja sama kepada anggota ICCN lainnya. Khususnya yang  memiliki bahan baku produk kerajinan. Sebagai bentuk timbal balik, Bantul siap mengirimkan sumber daya manusia kreatifnya untuk memberikan pelatihan dan pendampingan. 

Selain mendapat pasokan bahan baku, Bantul juga mendapat keuntungan lain dari kerjasama ini berupa tambahan tenaga perajin untuk memenuhi target pesanan. 

Dalam paparannya Bupati Bantul juga memperkenalkan  potensi kerajinan Bantul. Mulai dari kerajinan yang merupakan warisan para pendahulu  seperti gerabah, batik, kulit dan bambu. Hingga kerajinan yang bersifat kontemporer, seperti miniatur robot transformer dari barang bekas. 

"Produk karya anak muda Bantul ini, banyak menghiasi hotel dan restoran di beberapa negara Eropa," tegas Halim melalui rilis tertulisnya, Jum'at (30/9/2022). 

Berbagai produk kerajinan ini, sudah sangat dikenal oleh masyarakat dunia. Tidak heran bila permintaan terhadap produk kerajinan Bantul selalu datang. Terkadang perajin Bantul kewalahan saat pesanan yang datang terlalu besar. Untuk itu, dukungan dari anggota ICCN sangat dibutuhkan. 

Potensi produk kerajinan Bantul yang besar ini, mendapat dukungan yang tidak kalah besar. Dari keberadaan Yogyakarta Internasional Airport (YIA) sebagai pintu gerbang menuju pasar global. Dengan jalur penerbangan ke luar negeri, baik untuk penumpang dan barang, keberadaan YIA sangat menguntungkan bagi kabupaten Bantul.

Untuk itu Bupati Bantul mengajak anggota ICCN untuk bersama - sama memanfaatkan keuntungan ini. Sebab berdasarkan informasi, usai mendapat gelar bandara terbaik di Asia Pasifik banyak maskapai penerbangan asing yang akan membuka penerbangan ke YIA  Diantaranya pesawat kargo dengan kuota 600 ton per hari.  

Diakhir paparan, Bupati Bantul menyerahkan cindera mata, kepada Wisnhutama selaku Komisaris Utama Telkomsel berupa tempat minum atau tumbler dari bambu. Tumbler ini dihias tulisan Bantul The Creative City and Folk Art. Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini menilai, cinderamata ini layak dibawa ke rangkaian acara G-20. 

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Bantul Agus Sulistyana menjelaskan, sudah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk memfasilitasi program kerja sama dengan anggota ICCN. Dinas Koperasi sudah melakukan pendataan kebutuhan bahan baku di sentra - sentra kerajinan serta mempersiapkan perajin yang akan memberikan pelatihan bagi daerah mitra kerjasama. 

Agus mengatakan Kabupaten Bantul sudah bertekad untuk masuk dalam jaringan kota kreatif dunia untuk kategori kota dengan industri kriya. Salah satunya melalui branding nama Bantul di berbagai produk kerajinan. Serta dalam indikasi geografis produk kerajinan yang disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI termasuk setiap pameran yang digelar akan menggunakan nama Bantul.  (*)

Pewarta : Totok Hidayat
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.