Berita

Ibadah Haji Tahun Ini Istimewa, Inilah Keutamaan Haji Akbar

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:43
Ibadah Haji Tahun Ini Istimewa, Inilah Keutamaan Haji Akbar Jemaah Calon Haji melaksanakan haji 2022.

TIMES JOGJA, JAKARTA – Kantor berita resmi Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA), Arab Saudi telah menetapkan 30 Juni 2022 sebagai awal bulan Zulhijah.  Berdasarkan penetapan tersebut, maka Jemaah Calon Haji (JCH Indonesia) yang melaksanakan haji 2022 bisa disebut menjalani Haji Akbar.

Haji Akbar adalah hari Arafah tanggal 9 Dzulhijah. Tahun ini, awal bulan Zulhijah 1443, telah terlihat di Tumair dan Arab Saudi telah menetapkan hari Arafah yakni wukuf atau puncak haji 9 Zulhijjah 1443 jatuh pada Hari Jumat, 8 Juli 2022.

Menurut Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, jatuhnya puncak haji atau wukuf Arafah pada Hari Jumat, memang banyak dinantikan umat Islam yang melaksanakan ibadah haji 2022.

"Wukuf arafah pada Jumat itu banyak yang menyebut Haji Akbar," katanya kepada tim Media Center Haji MCH) di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, Arab Saudi, Rabu (29/6/2022).

Jasam mengatakan wukuf Arafah di hari apapun selain Jumat tidak lebih mabrur ibadahnya. Ia menjelaskan tahun ini ibadah haji sangat istimewa karena hari Jumat itu sebagai Sayyidul Ayyam atau pemimpin hari-hari lainnya. 

"Hari Jumat banyak hari berkumpul kebaikan," katanya.

Menurut Alumni Pesantren Assidiqiyyah Jakarta ini, hari Jumat itu sudah banyak memiliki keutamaan, ditambah lagi orang wukuf pada hari tersebut yang berarti adalah dilipatgandakan sesuai dengan amaliah kemuliaan di hari Jumat itu.

"Ada satu waktu orang berdoa itu pasti dikabulkkan Allah SWT. Jadi itu yang demikian dipersepsikan orang bahwa wukuf pada hari Jumat itu merupakan haji akbar," kata Nasrullah.

"Dan Rasulullah SAW juga wukuf nya pas hari Jumat. Jadi istilah haji akbar itu sebetulnya menggambarkan hari wukuf sudah spesial ibadahnya, apalagi kalau wukuf dihari Jumat," imbuhnya.

Kepala KUH KJRI Jeddah ini menjelaskan, Jumat adalah hari istimewa, Allah SWT memuliakan umat Muhammad SAW dengan hari Jumat, yang tidak diberikan kepada umat nabi terdahulu.

Pada hari Jumat terdapat lima keutamaan. Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi pada hari Jumat. Lalu pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat.

Kemudian di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturrahim.

Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat.

Begitupun dikatakan Nasrullah lagi, sesungguhnya wukuf pada hari apapun merupakan ibadah akbar karena inti dari ibadah haji itu adalah wukuf.

"Kemudian jangan dibedakan haji yang wukuf di hari lain itu tidak lebih mabrur dibandingkan hari jumat. Bukan itu artinya," jelasnya.

Ia menjelaskan hari Jumat banyak keutamaan, dan kita diberi kesempatan itu harus menggunakan kesempatan hari banyak beribadah kepada Allah SWT. 

"Banyak baca shalawat, karena doa kita pasti dikabulkan Allah SWT," sarannya.

Nasrullah pun mengatakan kurang mengetahui waktu-waktu jatuhnya Haji Akbar 2022 atau wukuf di hari Jumat. Tapi ia sudah mengalami dua kali haji akbar yakni ditahun 2006 dan 2014. (*)

Pewarta : Yatimul Ainun
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.