Berita

Di Munas-Konbes NU 2021, Said Aqil: Waspada Potensi Covid-19 Gelombang Ketiga

Sabtu, 25 September 2021 - 19:08
Di Munas-Konbes NU 2021, Said Aqil: Waspada Potensi Covid-19 Gelombang Ketiga Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj sambutan di Munas-Konbes NU 2021. (FOTO: dok NU)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siroj  mengatakan, berbaga pembatasan-pembatasan mobilitas dilakukan sebagai ikhtiar dalam mengurangi dampak buruk pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia ini. Hal ini dikatakan saat Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar (Munas dan Konbes NU) 2021 resmi dibuka di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Sabtu (25/9/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan dan dihadiri oleh peserta terbatas.

"Mengawal pilar penting dalam Islam, yang menjadi salah satu maqashidis syariah (prinsip syariat), yakni hifdhun nafs (menjamin keselamatan jiwa)," katanya dalam sambutannya dilihat dari TVNU.

Pengasuh Pondok Pesantren ats-Tsaqafah Ciganjur, Jakarta itu mengatakan, pandemi hanya bisa diatasi dengan sinergi dan kerja sama Pemerintah dan masyarakat.

Bagi masyarakat kata dia, harus displin prokes. Sementara untuk pemerintah, komitmen menggalakkan vaksinasi dan memperbaiki ekosistem kesehatan.

"Pemerintah perlu membatasi akses masuk bagi tenaga kerja asing, sampai situasi pandemi terkendali. Di sisi lain, masyarakat tidak boleh euforia dengan berbagai pelonggaran kegiatan masyarakat," jelaskan.

Kata dia, NU mendukung penuh program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Pemerintah. Itu agar segera terbentuk kekebalan kelompok dan Indonesia segera keluar dari masa pandemi. "Kita semua harus waspada terkait potensi datangnya gelombang ketiga," ujarnya.

Munas dan Konbes NU 2021 ini berakhir pada 26 September besok. Penyelenggaraan forum tertinggi kedua setelah Muktamar NU ini sedianya dilaksanakan pada 2020 sebelum akhirnya tertunda karena wabah Covid-19 yang belum terkendali. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.