Berita

Risma Ajak Kader PDI Perjuangan Gotong Royong Bagikan Paket Makanan buat Warga Isoman

Senin, 26 Juli 2021 - 23:06
Risma Ajak Kader PDI Perjuangan Gotong Royong Bagikan Paket Makanan buat Warga Isoman Ketua DPP PDI Perjuangan Tri Rismaharini di Jakarta Timur. (FOTO: Dok. PDIP)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Menteri Sosial Tri Rismaharini mengajak warga Indonesia untuk makin bergotong royong dalam situasi pandemi covid-19. Salah satunya menyediakan logistik buat masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman). 

Menurut Risma, membantu menyiapkan makanan bagi warga yang isoman, sebenarnya membantu mencegah penularan virus lebih jauh. “Jadi kalau menurut saya ini sangat penting," ucap Risma.

Hal itu disampaikan Risma saat meninjau dapur gotong royong yang dikelola DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur di Jalan Otista III, Senin (26/7/2021) sore. Ketua DPC PDIP Jaktim Dwi Rio Sambodo, bersama pengurus dan jajarannya, serta relawan menyambut Risma dan rombongan. 

Risma lalu berjalan berkeliling lokasi dapur dan pengepakan makanan. Semuanya dilakukan oleh para relawan. Sejumlah petugas ojek online tampak menunggu untuk menjemput pesanan paket makanan untuk pasien isoman yang memesan. 

Dapur umum PDI Perjuangan untuk semua wilayah Jakarta dilksanakan oleh pengurus DPC di masing-masing wilayah. Dwi Rio Sambodo menjelaskan, setiap hari pihaknya menyiapkan 200-400 paket makanan isoman untuk didistribusikan. 

“Jumlahnya tergantung pada pengajuan dari kasyarakat, tergantung jumlah yng sedang isoman,” kata Dwi Rio Sambodo. 

Warga yang membutuhkan makanan bisa mendaftarkan diri lewat situs yang sudah disiapkan yakni http://bit.ly/DaftarDapurUmumPDIPJaktim. Begitu didaftar, tim dapur umum PDIP akan bekerja dari menyiapkan makanan, hingga mengantarnya. Biaya distribusi sepenuhnya ditanggung. 

Kembali ke Risma, sang menteri menyatakan bila gotong royong seerti ini bisa dilakukan terus, maka bukan hanya meringankan beban earga yang terpapar covid. Namun juga membantu dalam menghentikan penyebaran virusnya sendiri. 

“Jadi rasanya itu yang perlu dikembangkan saat ini. Karena kalau dengan begitu segala macam permasalahan, segala macam persoalan bisa kita selesaikan bersama-sama. Jadi bukan kamu-kamu, gue-gue,” kata Risma. 

“Jadi saya ingin sampaikan, bahwa gotong royong itu bukan sekedar kita saling memberi tapi dibalik itu semua ada rasa melindungi orang lain, ada sayang kepada orang lain. Kalau dia tidak peduli, biar aja makan di warung, kemudian satu warung tertular,” tambahnya, 

Risma lalu menyampaikan bahwa atas nama DPP PDI Perjuangan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada kader dan relawan DPC Jakarta Timur yang telah menyelenggarakan dapur umum. 

“Saya tahu ini capek karena saya berpengalaman buat dapur umum ini sangat capek sekali, tapi kita harus ingat bahwa saudara-saudara kita memang masih banyak yang membutuhkan bantuan dan pertolongan kita. Obatnya capeknya itu saat mereka senang mendapatkan makanan ini,” kata Risma. 

“Mudah-mudahan terus semangat, tidak capek, dan tidak lelah, terus bergotong-royong dan semakin kompak untuk menolong orang lain,” tandas Ketua DPP PDI Perjuangan Tri Rismaharini. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.