Berita

3 Tips Merawat Motor Matik agar Tetap Bertenaga dan Bebas Rewel

Jumat, 30 Juli 2021 - 09:03
3 Tips Merawat Motor Matik agar Tetap Bertenaga dan Bebas Rewel Sepeda motor matic butuh perawatan berkala agar tetap bertenaga dan bebas rewel. (foto: piagio)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Kendaraan motor matik sangat populer di Indonesia dan membuatnya menjadi idola. Motor yang tidak mempunyai "gigi" ini bahkan sudah mencapai 95 persen dari total pangsa motor di Indonesia. Namun begitu, masih banyak pengguna yang jarang merawat kendaraan matik mereka dengan tidak baik. Padahal, merawat motor matik itu terbilang cukup mudah untuk dilakukan.

Dikutip dari Antara, produsen minyak pelumas kendaraan, PT Nippon Oil Indonesia, memberikan beberapa cara agar kendaraan matik tetap prima saat digunakan, hal ini harus dilakukan secara rutin agar nantinya pemilik kendaraan tidak perlu lagi mengganti gearbox yang terbilang cukup mudah rusak.

1. Bersihkan Gearbox secara rutin

Para pemilik kendaraan disarankan untuk terbiasa menjaga kebersihan dari gearbox itu sendiri, gearbox juga disarankan untuk tetap dalam keadaan kering selama penggunaan dan hindari debu-debu yang menempel pada bagian tertentu.

2. Rawat komponen CVT

Kehadiran gearbox pada motor tidak bisa dipisahkan dengan adanya komponen CVT, kedua memiliki peran yang cukup penting untuk performa dari kendaraan itu sendiri. Untuk melakukan perawatan, sebaiknya pemilik harus rajin-rajin membersihkan agar terhindar dari banyaknya debu yang menempel dan juga kotoran lain gar lebih tahan lama digunakan.

3. Pelumas

Tidak sedikit pengguna sepeda motor matik melupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam perawatan, yaitu perawatan pada bagian gearbox. Sama hal nya dengan mesin, gearbox juga membutuhkan perawatan rutin, seperti servis dan penggantian oli gardan secara berkala.

Manager PT Nippon Oil Indonesia, Imran Razy mengatakan, pemilik motor matik harus menggunakan pelumas berkualitas dan cocok dengan kondisi di Indonesia agar motor tetap awet. "Dengan kemampuan melumasi yang baik, oli ini mampu menjadikan performa sepeda motor lebih maksimal, memperpanjang usia gearbox serta membuat mesin lebih bertenaga," ucapnya mengenai tips merawat motor matik. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.