Berita

KAHMI Undang Presiden Jokowi ke Munas di Sulawesi Tengah

Jumat, 30 September 2022 - 17:14
KAHMI Undang Presiden Jokowi ke Munas di Sulawesi Tengah Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) bersilaturahmi ke Presiden Jokowi di Istana. (FOTO: Setkab RI)

TIMES JOGJA, MALANG – Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) bersilaturahmi ke Presiden Jokowi (Joko Widodo) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/9/2022).

Koordinator Presidium Majelis Nasional KAHMI Ahmad Doly Kurnia Tandjung mengatakan, pihaknya mengundang Kepala Negara hadir dalam musyawarah nasional (Munas) yang akan dilaksanakan pada November 2022 nanti.

"KAHMI akan melaksanakan munas nanti pada tanggal 24 sampai 27 November 2022. Tadi kami sudah mendengarkan kesediaan beliau (Presiden) untuk hadir di Palu, Sulawesi Tengah Untuk membuka acara KAHMI," katanya.

Kata dia, Presiden Jokowi memberikan sejumlah arahan terkait peran KAHMI ke depan untuk turut berkontribusi dalam pembangunan nasional.

"Kami sudah mendapatkan arahan dan bimbingan tentang peran-peran KAHMI ke depan, sehingga bisa memberikan kontribusi terbaik juga buat pembangunan," jelasnya.

Selain itu, lanjut, Presiden Jokowi juga menyampaikan situasi sulit yang sedang dihadapi dunia saat ini. Kepala Negara mengatakan, Indonesia termasuk salah satu negara yang dinilai cukup baik dalam menangani pandemi serta memulihkan perekonomian nasional.

Oleh karenanya, kata dia, Presiden Jokowi berharap agar seluruh elemen bangsa, termasuk KAHMI, dapat terus bersinergi. Presiden Jokowi mendorong KAHMI untuk ikut berkontribusi dalam kemajuan Indonesia.

"Pesannya Pak Presiden adalah agar kita bisa ikut juga menjelaskan kepada masyarakat tentang situasi ini dan kemudian berupaya untuk bisa terus bangkit untuk kemajuan Indonesia di masa yang akan datang," ujarnya.

Sulawesi Tengah Jadi Tuan Rumah

Beberapa waktu lalu, KAHMI sudah menetapkan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah Munas XI 2022. "Musyawarah dan mufakat telah memutuskan munas di kota Palu, Sulawesi Tengah," ujar Koordinator Presidium MN KAHMI Ahmad Riza Patria.

Kata dia, awalnya pihaknya cukup sulit menetapkan lokasi Munas dari dua kandidat tuan rumah, yakni Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara.

Tapi, sejumlah pertimbangan dari rapat presidium, Sulawesi Tengah akhirnya ditetapkan menjadi tuan rumah Munas. "Mudah-mudahan pilihan di Sulteng merupakan pilihan terbaik," ujarnya.

Wakil gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, alasan Sulteng sebagai tempat munas, karena ingin memberikan kesempatan terkait dengan pemulihan pascabencana.

Pihaknya, lanjut dia, juga ambil bagian dalam mendukung proses perdamaian dan ajakan untuk menghentikan konflik.

Sementara itu, Presidium MN KAHMI Siti zuhro berharap, agar Sulteng dapat menjadi tuan rumah yang menghasilkan munas berkualitas.

Ia mendukung isu rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana dibahas di Munas KAHMI sebagai bentuk empati kepada daerah-daerah yang terdampar bencana.

Pada kesempatan yang lain, Ketua MW KAHMI Sulteng Andi Mulhan Tombolotu pun berterima kasih atas kepercayaan MN KAHMI menjadikan Kota Paly sebagai tuan rumah munas.

"Ini menjadi event nasional yang pertama pascabencana. Sungguh suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi umat di Sulawesi Tengah," jelasnya.

Ia juga memastikan penyelenggaraan munas itu mendapatkan dukungan dari seluruh pengambilan kebijakan di Sulteng. Pihaknya, kata dia, menghimpun seluruh potensi kekuatan yang tersisa dari seluruh alumni yang tersebar se-Sulteng untuk bahu-membahu agar dapat melayani tamu munas yang datang ke Palu.

"Kepanitiaan telah bekerja. Kami sedang menunggu surat keputusan (SK) MN KAHMI terkait dengan penetapan lokasi munas," ujarnya. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.