Berita

De Center Siap Bantu Atasi Permasalahan Desa

Kamis, 08 Desember 2022 - 23:35
De Center Siap Bantu Atasi Permasalahan Desa Launching De Center dan Lembaga Ekonomi Swasta Indonesia (LESI) di kantornya, Jl. Iskandarsyah 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (08/12/2022). (FOTO: dok. De Center)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Persoalan kesejahteraan terjadi di desa, mulai dari persoalan kemiskinan, pendidikan hingga keterbelakangan. Masyarakat desa selalu kalah dengan masyarakat kota, utamanya pada soal peran serta pembangunan. Permasalahan desa lainnya yaitu ketimpangan sosial ekonomi, akses pendidikan dan kesehatan.

Ketua De Center Samsul Hadi mengatakan, ketimpangan dan kesenjangan antara masyarakat desa dan kota bisa diatasi.

"De Center hadir untuk membantu mengatasi persoalan di desa," katanya kepada wartawan dalam acara launching De Center dan Lembaga Ekonomi Swasta Indonesia (LESI) di kantornya, Jl. Iskandarsyah 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (08/12/2022).

Samsul Hadi yang juga Ketua Umum Lembaga Kajian Nawacita (LKN) menegaskan bahwa desa sebagai tempat petani, pekebun, dan peternak telah banyak melahirkan pemimpin. Desa juga menjadi simbol harmoni tatanan kehidupan sosial yang selaras dengan kehidupan.

Hadi juga menjelaskan persoalan yang kerap terjadi di desa. Bahkan menurutnya, desa hanya dipakai sebagai ladang pendulang suara.

"Persoalan mendasar di desa adalah tidak pernah memenangkan dirinya sendiri. Statusnya selalu terbelakang dan kurang maju. Desa hanya dipakai sebagai ladang pendulang suara. Mereka tidak mendapatkan keadilan. Sumber Daya Alam dikuasai oleh oligarki yang menghasilkan masyarakat termarjinalkan," papar Samsul.

De Center, kata Samsul menjadi pusat kegiatan warga desa di seluruh Nusantara berbasis digital. Tujuannya ingin memenangkan perjuangan warga desa untuk Indonesia.

Samsul mengatakan visi De Center ini yakni Desa adalah Kita. Sedangkan misinya adalah mewujudkan tata kehidupan yang produktif dengan 
memberdayakan masyarakat agar mendapatkan lapangan kerja.

Mengenal Apa Itu De Center?

De Center merupakan wadah perjuangan komunitas warga desa untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Indonesia yang lebih baik adalah Indonesia yang sejahtera, berkeadilan, demokratis dan humanis.

De Center hadir menjadi wadah perjuangan dan mengawal lahirnya “pemimpin sejati” yaitu pemimpin pemersatu, mengutamakan kepentingan rakyat, bangsa dan negara di atas kepentingan partai pengusung, serta tidak memiliki pamrih pribadi, golongan maupun kelompoknya.

Kesadaran inilah, lanjut Samsul, yang mendorong kebangkitan masyarakat desa untuk tidak lagi larut dalam euforia semu. Warga desa harus memutuskan pemimpin pilihannya sendiri.

"Saatnya warga desa berdaulat menentukan masa depannya sendiri, termasuk memutuskan pemimpin pilihannya sendiri," pungkasnya. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.