https://jogja.times.co.id/
Berita

BMKG Prediksi Sebagian Kota Besar Provinsi Dilanda Hujan Disertai Petir

Minggu, 29 September 2024 - 07:24
BMKG Prediksi Sebagian Kota Besar Provinsi Dilanda Hujan Disertai Petir BMKG memprakirakan adanya potensi hujan berintensitas ringan hingga lebat yang disertai petir/kilat di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat selama tiga hari ke depan. (FOTO: ANTARA FOTO/Jessica Wuysang)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca di beberapa ibu kota provinsi akan diguyur hujan pada Minggu (29/9/2024), beberapa di antaranya berpotensi disertai petir.

Dalam laporan yang disampaikan oleh prakirawan BMKG, Yohanes, melalui kanal YouTube BMKG di Jakarta, wilayah Sumatera diprediksi akan mengalami variasi cuaca. Kota Padang dan Pekanbaru diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang, sementara Medan dan Tanjung Pinang diprediksi hujan ringan.

"Khusus untuk wilayah Banda Aceh, ada potensi hujan yang disertai petir. Waspadai kondisi tersebut," jelas Yohanes.

Di bagian selatan Sumatera, hujan ringan diperkirakan turun di wilayah Lampung, sementara di Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Palembang, masyarakat perlu waspada karena hujan disertai petir berpotensi terjadi.

Untuk wilayah Pulau Jawa, prakiraan cuaca menunjukkan hujan ringan akan terjadi di Serang, Bandung, dan Jakarta. "Sementara Yogyakarta diprediksi cerah berawan, dan Semarang serta Surabaya akan berawan," tambahnya.

Bergeser ke Bali dan Nusa Tenggara, BMKG memprediksi cuaca berawan untuk Denpasar dan Kupang, sedangkan hujan ringan diperkirakan mengguyur Mataram.

Selanjutnya, di Pulau Kalimantan, cuaca umumnya diprediksi hujan ringan di Tanjung Selor, Samarinda, Palangkaraya, dan Banjarmasin.

"Namun, di Pontianak, masyarakat perlu waspada terhadap kemungkinan hujan disertai petir," ungkap Yohanes.

Di Sulawesi, cuaca berawan diperkirakan terjadi di Gorontalo, sementara Kendari dan Makassar akan mengalami awan tebal. Hujan ringan diramalkan turun di Manado dan Palu, sedangkan Mamuju berpotensi mengalami hujan disertai petir.

Untuk wilayah Indonesia bagian Timur, udara kabur akan terjadi di Sorong dan Manokwari. Hujan ringan diprediksi akan mengguyur Ambon, Ternate, Jayawijaya, dan Merauke, sedangkan hujan sedang akan terjadi di Nabire.

Suhu udara di berbagai wilayah diperkirakan berada di kisaran 16 hingga 34 derajat Celcius, dengan tingkat kelembapan antara 41 hingga 99 persen. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.