Berita

Delegasi C20 Kunjungi Kabupaten Sleman, Bahas Kelompok Marginal

Jumat, 30 September 2022 - 18:10
Delegasi C20 Kunjungi Kabupaten Sleman, Bahas Kelompok Marginal Suasana kunjungan delegasi anggota organisasi masyarakat sipil negar anggota G20. (FOTO: Fajar Rianto/TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, SLEMAN – Organisasi masyarakat sipil negara-negara anggota G20 atau C20 mengunjungi Kabupaten Sleman, DIY, Jumat (30/9/2022). Kunjungan yang dikemas dalam Road to C20 Summit: People Caravan Roadshow ini bertema Pelayanan Kesehatan Bagi Kelompok Rentan Termasuk Akses Vaksin Bagi Transgender dan Disabilitas. Dalam pertemuan ini, delegasi C20 mengapresiasi keberadaan Pusat Rehabilitasi Yakkum.

Koordinator Vaccine Access and Global Health (VAGH) Civil 20, Agung Prakoso menerangkan, pihaknya sudah lama berkolaborasi dengan Yakkum. Baginya, Yakkum merupakan cotoh nyata pelibatan kerja-kerja kelompok masyarakat di lingkup akar rumput dengan kerjasama aktif bersama dinas di tingkat lokal hingga pusat untuk memberikan pelayanan bagi kelompok marginal.

Menurut Agung, wadah organisasi masyarakat sipil negara-negara G20 atau C20 turut mengawal pertemuan negara-negara G20 untuk memastikan isu-isu masyarakat sipil atau akar rumput agar diperhatikan. Mereka berjuang agar kebijakan yang dibuat negara-negara G20 dapat dirasakan masyarakat sipil.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka C20 summit yang akan dilaksanakan di Bali pada 5 hingga 7 Oktober 2022. Namun, sebelum puncak acara, rombongan akan singgah ke beberapa daerah yang merupakan contoh baik dalam menjalin kerjasama antara organisasi dan masyarakat.

“Roadshow Civil 20 sendiri diawali dengan online road show pada 12 September hingga 22 September 2022 dan dilanjutkan dengan local and caravan roadshow pada 26 September hingga 3 Oktober 2022,” jelas Agung di Pendapa Parasamya Pemkab Sleman, Jumat (30/9/2022).

Agung berharap pertemuan ini dapat mengumpulkan suara masyarakat dari akar rumput yang akan disampaikan pada pertemuan tingkat tinggi di Bali.

Direktur Pusat Rehabilitasi Yakkum, Chatarina Sari SE mengatakan, kegiatan People Caravan merupakan sarana untuk menunjukkan kerja nyata yang ada di akar rumput. Sebuah kerja kolaboratif bersama pemerintah, mulai tingkat desa hingga kabupaten. Terutama, oleh kelompok marjinal dari para penyandang disabilitas, lansia dan transgender.

“Kami memberikan akses vaksin dan penyampaian informasi yang benar ketika ada Covid-19,” kata Chatarina.

Menurutnya, sejak tahun 2017 Pusat Rehabilitasi Yakkum terus menjalankan program kesehatan jiwa berbasis masyarakat. Semangat menangani kesehatan jiwa tidak hanya difokuskan pada sisi medis namun juga pada aspek rehabilitasi sosial.

Delegasi-C20-2.jpg

Pusat Rehabilitasi Yakkum adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat di Yogyakarta yang mempunyai mandat untuk mendukung orang-orang penyandang disabilitas untuk memenuhi hak-hak mereka dengan membangun masyarakat yang inklusif melalui layanan yang berkualitas, terjangkau dan terpadu.

Sebagai salah satu wilayah dampingan Pusat Rehabilitasi Yakkum untuk wilayah Sleman memilki 5 layanan inovasi yang inklusif bagi disabilitas, kelompok rentan dan marginal. Seperti, disabilitas, lansia, transgender di masa pandemi Covid-19.

Kelima inovasi itu adalah inovasi layanan gajah dibela semut di Puskesmas Godean 1 dengan meningkatkan akses dan mutu pelayanan bagi orang dengan disabilitas psikososial. Berkutnya, inovasi layanan klinik cemara di Puskesmas Sleman dengan memberikan layanan yang berspektif gender dan disabilitas bagi korban kekerasan. Kemudian, inovasi layanan biji kecambah dan candak mas Covid di Puskesmas Melati II.

Berikutnya, inovasi Pak Tani Basmi Suket Teki di Puskesmas Kalasan dengan memudahkan akses bagi disabilitas dalam mengelola penyakit hipertensi. Terakhir, inovasi Layanan Vaksin Covid-19 di Puskesmas Seyegan dengan memberikan kemudahan akses vaksin bagi disabilitas.

Staf Ahli Bupati Sleman Bidang Kesejahteraan Rakyat dr Mafilindati Nuraini M Kes mengaku bangga Kabupaten Sleman menjadi tujuan kunjungan delegasi C20. Ia mengapresiasi kunjungan ini bagian dari menyerap aspirasi yang akan disampaikan kepada pemerintah pusat. Sebagai kabupaten yang keragamannya tinggi, Sleman berkomitmen untuk menjadi rumah bagi seluruh warga untuk memfasilitasi pemenuhan hak-hak dasar apapun kondisinya.

Menurutnya, Pemkab Sleman sudah lama bekerjasama dengan lembaga non pemerintah termasuk Pusat Rehabilitasi Yakkum. Tujuannya adalah untuk kesetaraan disabilitas dengan memberikan ruang publik yang setara, terjangkau termasuk pemberian vaksin bagi disabilitas di masa pandemi Covid-19.

“Kami juga melakukan rehabilitasi jiwa bagi orang dengan disabilitas psikososial dengan melibatkan masyarakat Sleman dengan dukungan penuh dari Yakkum. Seperti, organisasi Kelompok Swabantu Luhur Jiwo,” jelas dr Mafilindati Nuraini.

Sebagai informasi. Presidensi G20 digelar pada November 2022 di Bali. Dalam kegiatan ini, ada berbagai rumusan pembahasan di dalamnya. Dalam KTT G20, C20 (Civil-20) hadir untuk memastikan para pemimpin G20 mendengarkan suara dari masyarakat.

Acara puncak C20 akan dilaksanakan 5-7 Oktober 2022 di Bali. Sebelumnya, People Caravan Road Show diadakan untuk merekam kerja-kerja nyata dari kelompok masyarakat di akar rumput dan menyuarakannya pada acara pertemuan tingkat tinggi C20. (*)

Pewarta : Fajar Rianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.