https://jogja.times.co.id/
Berita

SAKIP Award 2024, Tujuh Kali Berturut Pemkab Bantul Sabet Nilai A

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 13:32
SAKIP Award 2024, Tujuh Kali Berturut Pemkab Bantul Sabet Nilai A Sekda Bantul Agus Budiraharja saat menerima penghargaan SAKIP (foto dokumen Pemkab Bantul)

TIMES JOGJA, BANTUL – Pemerintah Kabupaten Bantul atau Pemkab Bantul meraih nilai A dalam ajang SAKIP Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), pada Rabu (2/10/2024) lalu di Jakarta. 

Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Pemerintah (SAKIP) itu diterima langsung oleh Sekretaris Daerah atau Sekda Bantul, Agus Budiraharja.

Sekda Bantul, Agus Budiraharja, mengaku bersyukur Bantul kembali meraih penghargaan ini. Ini tentunya harus terus digenjot, yang harapannya, Bumi Projotamansari bisa menyusul Banyuwangi dan Pemkot Surabaya  Jawa Timur, yang kini sudah bisa mencapai predikat nilai AA. 

"Jadi nilai A budaya kita sudah budaya bekerja itu ada hasil dan dampaknya. Sejak 2018 sampai sekarang kita dapat A, harapan ke depan ini terus kita tingkatkan, agar mencapai nilai sangat memuaskan," ujar Agus Budiraharja, Sabtu (5/10/2024).

Sebagaimana diketahui, SAKIP sendiri merupakan rangkaian sistem yang mengintegrasikan perencanaan, penganggaran, dan pelaporan kinerja yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan pertanggungjawaban instansi pemerintah. 

Peran SAKIP dalam reformasi birokrasi sangat penting. Lewat SAKIP, pemerintah diharapkan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel, serta berorientasi pada kualitas layanan publik.

Terdapat sejumlah komponen maupun alat dalam SAKIP yang digunakan untuk mengukur kinerja instansi pemerintahan. Komponen tersebut antara lain adalah indikator kinerja utama, rencana strategis, rencana kinerja tahunan, perjanjian kinerja tahunan, hingga laporan kerja instansi pemerintah.

Tingkat penilaian SAKIP dibagi menjadi beberapa predikat, yakni AA dengan nilai 90 - 100; A dengan nilai 80 - 90; BB dengan nilai 70 - 80; dan B dengan nilai 60 -70. Tahun ini, terdapat 36 pemerintah provinsi dan 505 pemerintah kabupaten/kota yang dinilai dalam SAKIP.

Dari jumlah tersebut, rata-rata nilai SAKIP yang diterima pemerintah kabupaten/kota adalah 64,23. Angka ini naik dibanding tahun 2023. Sementara rata-rata nilai SAKIP pemerintah provinsi sebesar 70,75. Rata-rata nilai ini turun 1,42 poin karena ada tambahan dua provinsi baru yang dievaluasi. (*)

 

 

Pewarta : Edy Setyawan
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.