Berita

Anies Baswedan: Dulu Warga Kamal Muara Belanja Air Perbulan Rp1 juta, Kini Rp50 Ribu

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:15
Anies Baswedan: Dulu Warga Kamal Muara Belanja Air Perbulan Rp1 juta, Kini Rp50 Ribu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat di Kelurahan Kamal Muara, Jakarta Utara dalam syukuran 100 hari masuknya pipa air bersih. (FOTO: Pemprov DKI Jakarta)

TIMES JOGJA, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri hajatan di RW 01 Kelurahan Kamal Muara, Jakarta Utara dalam syukuran 100 hari masuknya pipa air bersih di kawasan tersebut.

Kata dia, selama puluhan tahun warga harus membeli air di jeriken atau menadah air hujan.

Menurut perhitungan PAM Jaya, sebelumnya warga Kamal Muara harus belanja air harian atau mingguan. Dengan total pengeluaran per bulannya Rp800 ribu-Rp1 juta. Setelah ada pipa air bersih, kini warga hanya bayarRp 50 ribu sampai Rp80 ribu per bulan.

Ini menurutnya, penghematan yang luar biasa. Biaya yang tadinya habis untuk belanja air bisa turun 95 persen. Artinya pendapatan mereka bisa dipakai untuk kebutuhan-kebutuhan lain. Bisa untuk pendidikan anak, perbaikan rumah, kegiatan lainnya.

anies-2.jpg

"Dalam acara hajatan ini, kami bersama Dirut PAM Jaya Syamsul Bachri, Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan jajaran, serta anggota DPRD DKI Jakarta Hasan Basri Umar dan Gani Suwondo, meletakkan pipa untuk pemasangan tahap lanjutan, agar warga Kamal Muara dapat akses air bersih secara merata," katanya Kamis (30/6/2022).

Pembangunan akses air perpipaan ini merupakan komitmen Pemprov DKI Jakarta dalam pemerataan keadilan sosial dan mengurangi penurunan muka tanah serta kerusakan lingkungan di Jakarta.

Saat ini tercatat sudah 11 RT di RW 01 Kelurahan Kamal Muara yang telah menikmati akses air perpipaan. Yakni RT 01, 02, 03, 04, 05, 06, 08, 09, 10, 11 dan 12.

Juga 8 RT di RW 04 Kelurahan Kamal Muara yang tersambung akses air perpipaan oleh PAM Jaya, yakni RT 01 – 08. Total sekitar 16.000 sambungan baru yang sudah dipasang oleh PAM Jaya melalui proyek SPAM Hutan Kota di Kamal Muara. Jumlah ini akan terus bertambah.

"Semoga masuknya jaringan PAM menjadi keberkahan bagi masyarakat Kamal Muara. Apresiasi untuk seluruh jajaran PAM Jaya atas upayanya memastikan pipa air bersih menjangkau sampai ujung kampung. Terima kasih juga atas dukungan teman-teman anggota dewan, Pak Gani dan Pak Basri yang dapilnya di Kamal Muara juga," ujar Anies Baswedan. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.