Berita

Jembatan Kaca Gunung Bromo, Perkuat Daya Tarik Wisata

Rabu, 20 Oktober 2021 - 13:14
Jembatan Kaca Gunung Bromo, Perkuat Daya Tarik Wisata Kawasan wisata Gunung Bromo. (Foto: Dok TIMES Indonesia)

TIMES JOGJA, PROBOLINGGOGunung Bromo akan menjadi salah satu tempat foto yang menarik. Wisata alam ini nantinya akan dilengkapi dengan jembatan kaca, yang saat ini dalam pembangunan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) membangun jembatan kaca di kawasan Seruni Point Bromo Tengger Semeru. Jembatan ini berada di Desa Ngadisari, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Jembatan kaca dibangun dengan disain tipe jembatan suspended-cable. Panjang bentangnya 120 meter dan kedalaman jurang kurang lebih 80 meter. Sedangkan untuk lantai akan memiliki lebar 1,8 meter dan 3 meter.

Perekayasa madya mewakili Kepala Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Joko Purnomo mengatakan pengerjaan jembatan memerlukan waktu sekitar 11 bulan.

"Tahap pengerjaannya dalam kurun waktu 11 bulan dengan dua anggaran yakni anggaran tahun 2021 dan anggaran tahun 2022," katanya di Kabupaten Probolinggo.

Pembangunan dilakukan setelah Kementerian PUPR dan Pemkab Probolinggo menyelesaikan masalah pembebasan lahan. Pembangunan juga dilakukan setelah proses pengujian terhadap struktur jembatan selesai.

Dalam pengujian lantai kaca terhadap beban rencana 3 mm dengan tegangan 12 MPa, disimpulkan struktur kuat karena tak terdapat kerusakan pada kaca.

Untuk bagian kaca kedua berkemampuan 3,98 ton defleksi 35,9 mm. Dari hasil uji kaca menjadi serpihan tetapi tidak lepas dari interlayernya, setelah kedua lapisan kaca pecah, lapisan interlayer SGP masih mampu menahan beban.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono mengatakan Pemkab Probolinggo sangat mendukung penuh progres pembangunan jembatan kaca di Seruni Point.

Keberadaan jembatan kaca diharapkan bisa memanjakan para pengunjung jembatan kaca dalam menikmati pemandangan perbukitan dan Gunung Bromo(*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jogja just now

Welcome to TIMES Jogja

TIMES Jogja is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.